RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK
TEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI
KELAS IV SEMESTER 2
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK
Satuan Pendidikan :
SD
Kelas / Semester :
IV / 2
Tema :
Makanaku Sehat dan Bergizi
Alokasi Waktu :
1 x Pertemuan
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat
bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar
Matematika
3.3 Memahami aturan pembulatan
dalam membaca hasil pengukuran dengan alat ukur.
4.7 Menyatakan kesimpulan
berdasarkan data tabel atau grafik.
Bahasa Indonesia
3.1
Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak,
energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.
4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber
daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1
Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya,
gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.4
Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam
secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku.
IPA
3.7
Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi,
dan masyarakat.
4.6
Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat.
C.
Indikator
Matematika
• Mengumpulkan data dengan menggunakan turus (tally)
dan membulatkan hasilnya
• Menyusun laporan kesimpulan
berdasarkan data tabel atau grafik
Bahasa Indonesia
•
Membuat peta pikiran dari teks cerita petualangan
•
Menceritakan suatu peristiwa saat mengonsumsi suatu makanan
•
Menggali informasi dari laporan tentang makan malam yang dikonsumsi
• Membuat laporan dari data kelas yang terkumpul
IPA
•
Mengelompokkan makanan berdasarkan jenisnya
• Menyimpulkan bahwa makanan-makanan kita berasal
dari sumber daya alam.
D.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah membaca teks petualangan,
siswa mampu membuat peta pikiran tentang teks tersebut dengan teliti dan
percaya diri.
2.
Setelah membaca teks petualangan,
siswa mampu menceritakan sebuah peristiwa saat mengonsumsi suatu makanan dengan
percaya diri.
3.
Dengan bertukar informasi, siswa
mampu mengumpulkan data tentang makanan yang dikonsumsi dengan menghargai dan
bekerjasama.
4.
Dengan membaca data yang terkumpul,
siswa mampu menyusun laporan dari data tersebut dengan menggunakan kosakata
baku dengan teliti dan rapi.
5.
Siswa mampu mengumpulkan data
dengan menggunakan turus (tally) dengan teliti.
6.
Siswa mampu menyusun laporan
kesimpulan berdasarkan data tabel atau grafik setelah mengumpulkan data dengan teliti
dan benar.
7.
Setelah mengetahui jenis makanan,
siswa mampu mengelompokkan makanan berdasarkan jenisnya dengan percaya diri dan
benar.
8.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menyimpulkan bahwa makanan-makanan kita berasal dari sumber daya alam dengan
benar dan percaya diri.
E.
Materi
Pembelajaran
Matematika : Pembulatan hasil pengukuran.
Data tabel atau grafik.
Bahasa
Indonesia : Teks laporan hasil
pengamatan.
Teks cerita.
IPA :Hubungan sumber
daya alam, lingkungan, teknologi dan masyarakat.
F.
Model,
Metode, dan Strategi Pembelajaran
1. Model
Pembelajaran
a. Pembelajaran
aktif
b. Pembelajaran
kooperatif
2. Metode
Pembelajaran
a. Ceramah
b. Diskusi
c. Tanya
Jawab
d. Penugasan
3. Strategi
Pembelajaran
Numbered
Head Together
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
1. Kegiatan
Awal
·
Guru
mengucapkan salam.
·
Guru
dan siswa berdo’a bersama untuk meningkatkan iman dan taqwa.
·
Guru
mengecek kehadiran siswa.
·
Guru
menginformasikan tema yang akan dipelajari.
·
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran.
·
Guru
melakukan apersepsi dengan memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan makanan
sehat dan tidak sehat untuk tubuh. Contoh : wortel.
B. Kegiatan
Inti
·
Guru meminta kepada salah satu siswa
untuk membaca teks tentang makanan sehat dan tidak sehat dengan keras dan dengan pengucapan yang jelas. Siswa lain menyimak, kemudian diminta melanjutkan
kalimat-kalimat berikutnya. (menginformasikan)
·
Guru
bersama siswa membuat peta pikiran dari teks tersebut dan menentukan judul teks sesuai isi bacaan.(menalar)
·
Guru
meminta beberapa siswa untuk membuat dan menjawab pertanyaan tertulis didepan
kelas berdasarkan teks.(mencoba)
·
Guru meminta siswa untuk membaca teks
petualangan dan menceritakan pengalaman tersebut kepada seorang teman dengan menggunakan
kata-kata yang baik dan benar, serta ekspresi wajah dan bahasa tubuh yang
sesuai.(menginformasikan)
·
Guru menjelaskan kandungan dan manfaat
wortel
·
Guru membagi kelas menjadi 2 kelompok
untuk berdiskusi mengerjakan lembar kerja kelompoknya.
·
Guru meminta masing-masing kelompok
untuk membuat tabel dengan menggunakan turus
berdasarkan data yang diberikan(mencoba)
·
Guru memanggil salah satu nomor siswa dari
kelompok yang selesai pertama kali membuat laporan kesimpulan untuk membacakannya.
Kemudian guru meminta kelompok lain untuk menanggapinya.(menanya)
·
Guru memberikan penghargaan kepada
siswa.
·
Guru membagikan
lembar kerja individu kepada siswa untuk mengelompokkan berbagai
makanan dan minuman sesuai dengan golongan makanan.(menalar)
·
Setelah selesai,
siswa mengumpulkan lembar kerja individu tersebut kepada guru.
C. Kegiatan Akhir
·
Guru
bersama siswa menyimpulkan tentang materi yang telah didiskusikan.
·
Guru
memberikan pekerjaan rumah kepada siswa untuk membuat dan mencatat daftar
makanan yang dimakan selama lima hari kedepan.
·
Guru
menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
·
Guru
bersama siswa mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan “hamdallah dan salam.
H.
Alat
dan Sumber Belajar
1. Alat
·
Kertas karton dan asturo.
·
Boardmarker
dan penghapus.
·
Sayur wortel.
·
Gambar jenis makanan sehari-hari (roti,
kentang, mie instant, es serut)
·
Lem kertas / solasi.
·
Gunting.
·
Penggaris.
·
Teks bacaan / petualangan.
·
Lembar kerja individu dan kelompok.
2. Sumber
Belajar
·
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik
Indonesia. 2013. Makananku Sehat dan
Bergizi : Buku Guru Tematik Terpadu Kurikulum 2013 untuk SD/MI Kelas
IV. Jakarta: Lazuardi GIS.
I.
Penilaian
1.
Jenis
· Tes : tes tertulis uraian
· Non
tes: kinerja, skala sikap
2.
Prosedur
·
Tes :
(skor yang dicapai : skor maksimum ) x 100 = 100
·
Non tes: (skor yang dicapai : skor
maksimum ) x 100 = 100
J.
LAMPIRAN
1. Rangkuman
materi
2. Lembar
Kerja Kelompok
3. Kunci
Jawaban Lembar Kerja Kelompok
4. Lembar
Penilaian.
Surakarta, 01 Maret 2014
Mengetahui
Kepala Sekolah
Guru Kelas IV
NIP NIM A510110033
Sands Casino, Hotel, Spa, Casino & Resort - Las Vegas, Nevada
ReplyDeleteFeaturing more than 3500 slot machines, this Las 메리트 카지노 Vegas resort features 카지노 the newest in gaming machines, live septcasino entertainment, and fine dining on the Strip.