RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD
Kelas/Semester : 2/ 1
Tema/ Subtema : Tema 3. Tugasku Sehari - hari /2.
Tugasku sehari – hari di sekolah
Pembelajaran : 2
Alokasi
Waktu : 5 x 35 menit (1x
pertemuan)
A.
Kompetensi Inti (KI)
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
|
PPKn
3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik
individu di sekolah.
4.3 Mengelompokkan jenis-jenis keberagaman karakteristik
individu di sekolah.
|
3.3.1Memahami perbedaan jenis kelamin teman-teman
di sekolah.
4.3.1Mengelompokkan teman berdasarkan jenis
kelamin di sekolah.
|
|
Bahasa
Indonesia
3.3Menentukan kosa kata dan konsep tentang
lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan
sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan,
visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.3Melaporkan
penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil
pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya
di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
|
3.3.1
Mengidentifikasi kosakata dalam teks bacaan
4.3.1Memempraktikkan membaca nyaring teks bacaan
|
|
PJOK
3.3 Memahami variasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan
konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional.
4.3 Mempraktikkan variasi gerak dasar manipulatif sesuai
dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
|
3.3.1
Memahami gerakan melempar dan
menangkap bola.
4.3.1 Mempraktikkan
gerakan melempar dan menangkap bola.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran:
1.
Melalui
pengamatan gambar melempar dan menangkap bola serta penjelasan guru, siswa
dapat memahami gerakan melempar dan menangkap boladengan benar.
2.
Melalui
pengamatan i gambar melempar dan menangkap bola serta penjelasan guru, siswa
dapat melakukan gerakan melempar danmenangkap bola dengan benar.
3.
Melalui
pengamatan isi teks bacaan “Bermain Lempar dan Tangkap Bola” serta penjelasan
guru, siswa dapat mengelompokkan kosa kata kehidupan social dengan tepat.
4.
Melalui
membaca teks bacaan “Bermain Lempar dan Tangkap Bola” serta penjelasan guru,
siswa dapat menemukan kosakata tentang olahraga dengan tepat.
5.
Setelah
mencermati isi teks bacaan “Bermain Lempar dan Tangkap Bola” serta penjelasan
guru, siswa dapat mengidentifikasi perbedaan jenis kelamin teman di sekolah
dengan tepat
6.
Setelah
mencermati isi teks bacaan “Bermain Lempar dan Tangkap Bola” serta penjelasan
guru, siswa dapat mengelompokkan teman-teman di sekolah berdasarkan jenis
kelamin dengan tepat.
D. Materi
Pembelajaran
1. PPKn : mengelompokkan
jenis – jenis kegemaran
2. Bahasa Indonesia : penggunaan kosa kata yang tepat melalui teks lisan dan
tulis
3.
PJOK : teknik
lempar dan menangkap bola
E. Metode,
Model dan Pendekatan Pembelajaran
Metode : Diskusi, ceramah
bervariasi,
tanya jawab, penugasan , praktik
Model : Cooperative Learning
Pendekatan : Scientific
F. MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
1.
Media : Gambar slide teks bacaan lempar dan menangkap, Gambar slide kegemaran .
slide lirik lagu
“Abang Tukang Bakso”. Gambar uang logam dan uang kertas.
2.
Alat : Buku siswa
SD kelas 1, Buku Guru SD kelas 1, Bahan ajar,
buku paket bse sd,
laptop, LCD
G. DAFTAR PUSTAKA
·
Purnomosidi,.dkk
2017. Buku Guru
SD/MI Tematik Terpadu Kelas2 Kurikulum 2013
Tema Tugasku sehari -hari, Jakarta : Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan
·
Purnomosidi,dkk.
2017. Buku Siswa
SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas2 Tugasku sehari - hari, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan
·
Sumber internet yang
relevan
H. Kegiatan
Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
Pra
Kegiatan
1.
Guru
mengkondisikan kelas.
2.
Guru
membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan menanyakan kabar siswa
3.
Salah
satu siswa diminta memimpin berdoa sebelum memulai pembelajaran
4.
Guru
melakukan presensi kehadiran siswa
5.
Guru
menyiapkan sumber dan media pembelajaran
Kegiatan
Awal
1.
Apersepsi:
“menyanyikan lagu disana senang di sini senang”
2.
Guru menyampaikan tujuan pembelajan
3.
Memotivasi siswa dengan yel – yel “semangat pagi”
|
15
Menit
|
|
Kegiatan Inti
|
1.
Siswa mengamati gambar anak yang melakukan pemanasan sebelum ber
olahraga yang disajikan guru (mengamati)
2.
Siswa melakukan tanya jawab dengan guru berkaitan dengan gambar yang
disajikan (menanya)(menalar)
3.
Siswa dengan bimbingan guru memperagakan gerakan melempar dan
menangkap bola (mencoba)
4.
Siswa mencoba dengan teman sebangku melempar dan menangkap menggunakan
bola (mencoba)
5.
Siswa mengamati teks bacaan yang ditampilkan guru (mengamati)
6.
Siswa membaca nyaring teks bacaan (mencoba)(mengkomunikasikan)
7.
Siswa melakukan tanya jawab dengan guru mengenai teks bacaan yang
telah dibaca (menanya)
8.
Siswa mengindentifikasi kosakata dalam teks bacaan (menalar,
mencoba)
9.
Siswa menjodohkan kosakata dengan gambar yang sesuai (menalar)
10.
Siswa berpasangan ditugaskan untuk mengelompokkan teman Siti
berdasarkan jenis kelamin (menalar, mencoba)
11.
Siswa mempresentasikan hasil latiah ke depan kelas
12.
Siswa mengerjakan LKPD (mencoba)
13.
Siswa mempresentasikan hasil LKPD (mencoba) (mengkomunikasikan)
|
120
menit
|
|
Kegiatan
Penutup
|
1.
Guru
bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
2.
Guru
dan siswa melakukan refleksi
3.
Siswa mengerjakan soal uji kompetensi (mencoba)
4.
Guru
memberikan pengayaan dan remedial
5.
Guru menyampaikan tindak lanjut untuk pembelajaran selanjutnya
mengenai pembelajaran 3
6.
Guru
bersama siswa menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa
7.
Guru
menutup kegiatan pembelajaran dengan salam
|
40
Menit
|
I.
Penilaian
a.
Teknik Penilaian yang dilakukan
guru yaitu
Teknik
Tes
1)
Pengetahuan :
Teknik
tes
PPKn, Bahasa Indonesia, PJOK
2)
Ketrampilan :
Unjuk kerja
Lembar kerja peserta didik (LKPD)
Bahasa Indonesia
b.
Jenis Penilaian : tes
tertulis, penilaian sikap, unjuk kerja
c.
Bentuk penilaian : Pilihan ganda, isian, menjodohkan
d.
Instrumen Penilaian
Tes : Soal (Pilihan ganda, isian)
NonTes : Lembar pengamatan/ rubrik
e.
Pembelajaran remidial dan
pengayaan
1.
Remidial : bagi siswa yang masih belum tuntas
pada materi yang diajarkan dengan memberikan tambahan jam untuk pemahaman
materi.
2.
Pengayaan : Bagi siswa yang sudah tuntas diberi
soal tambahan.
|
Semarang, Maret 2018
|
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
…………………………
NIP.
|
Guru
Kelas
.................................
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment