RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD
Kelas/Semester : 2/ 1
Tema/ Subtema : Tema 3. Tugasku Sehari - hari /2.
Tugasku sehari – hari di sekolah
Pembelajaran : 1
Alokasi
Waktu : 5 x 35 menit (1x
pertemuan)
A.
Kompetensi Inti (KI)
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
1. Bahasa
Indonesia
3.3Menentukan kosa kata dan konsep tentang
lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan
sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan,
visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.3Melaporkan
penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil
pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya
di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
|
3.3.1Mengemukakan kosa kata tentang lingkungan
geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam
bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui, lisan, dan/atau eksplorasi
lingkungan.
4.3.1Menyebutkan
kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan
tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di
lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis,
|
2.
Matematika
3.5Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata
uang.
4.5Mengurutkan
nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang
|
3.5.1 Mengidentifikasi nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.
4.5.1
Memasangkan nilai mata uang serta
berbagai kesetaraan pecahan mata uang.
|
3. SBdP
3.3Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari.
4.3
Meragakan gerak keseharian dan alam dalam tari.
|
3.3.1Menyanyikan
lagu anak –anak berkaitan dengan gerak alam dalam kegiatan sehari –hari.
4.3.1Menari
dengan gerakan sesuai lagu bertemakan lingkungan dalam kegiatan sehari –hari.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran:
3.3.1.1Melalui gambar denah
lingkungan sekolah, siswa dapat menunjukkan kosa kata tentang lingkungan
geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam
bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau
eksplorasi lingkungan dengan benar.
4.3.1.1Melalui gambar denah beserta
teks mengenai lingkungan sekolah,siswa dapat menyebutkan kosa kata
mengenai keterangan dari denah
lingkungan sekolah dengan tepat.
3.5.1.1Melalui pengamatan gambar
tentang uang logam dan kertas pada slide, siswa dapat mengidentifikasi nilai dan kesetaraan pecahan uang dengan
tepat.
4.5.1.1Melalui pengamatan gambar,
siswa dapat memasangkan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.dengan tepat
3.6.1.1Melalui teks lagu tentang “abang
tukang bakso”pada tayangan slide, siswa dapat mengidentifikasi nama gerakan –
gerakan yang terdapat dalam isi lagu
dengan gerakan yang tepat.
4.3.1.1Melalui teks lagu tentang “abang
tukang bakso”, siswa dapat menyanyi serta memeragakan gerakan – gerakan
yang terdapat dalam isi lagu dengan
gerakan yang tepat.
D. Materi
Pembelajaran
1. Bahasa Indonesia : Teks pembacaan denah, membaca
arah,
2. Matematika : Nilai pecahan mata uang
3.
SBdP : Menyanyi dan menari ber
dasarkan isi lagu
E. Metode,
Model dan Pendekatan Pembelajaran
Metode : Diskusi, ceramah
bervariasi,
tanya jawab, penugasan
Model : Cooperative Learning, tipe TPS
(Think pair and share)
Pendekatan : Scientific
F. MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
1.
Media : Gambar slide teks bacaan denah rumah Siti.,Gambar slide
tentang uang saku Siti.
slide lirik lagu
“Abang Tukang Bakso”. Gambar uang logam dan uang kertas.
2.
Alat : Buku siswa
SD kelas 1, Buku Guru SD kelas 1, Bahan ajar,
buku paket bse sd,
laptop, LCD
G. DAFTAR PUSTAKA
·
Purnomosidi,.dkk
2017. Buku Guru
SD/MI Tematik Terpadu Kelas2 Kurikulum 2013
Tema Tugasku sehari -hari, Jakarta : Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan (Hal 55-62)
·
Purnomosidi,dkk.
2017. Buku Siswa
SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas2 Tugasku sehari - hari, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan (Hal. 45 -52)
·
Sumber internet yang
relevan
·
Muhammad
NurSa`ban Rusmawan,dkk ,2008. Ilmu
Pengetahuan Sosial 3 untuk SD dan MI Kelas III, Jakarta:
Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
H. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Pra
Kegiatan
1.
Guru
mengkondisikan kelas.
2.
Guru
membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan menanyakan kabar siswa
3.
Salah
satu siswa diminta memimpin berdoa sebelum memulai pembelajaran
4.
Guru
melakukan presensi kehadiran siswa
5.
Guru
menyiapkan sumber dan media pembelajaran
Kegiatan
Awal
1.
Apersepsi:
guru menyajikan gambar denah rumah Siti
2.
Guru menyampaikan tujuan pembelajan
3.
Memotivasi siswa dengan yel – yel “semangat pagi”
|
15
Menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Siswa mengamati gambar denah sekolah yang disajikan(mengamati)(think)
2.
Siswa menunjukkan isi teks rumah Siti yang berkaitan dengan lingkungan geografis
sekolah berbentuk gambar denah.
(mengkomunikasikan)(share)
3.
Siswa menanya kosa kata
berkaitan dengan denah rumah dan sekolah. (mengumpulkan
informasi) (think)
4.
Siswa berkelompok dengan teman sebangku berdiskusi menyebutkan makna
kosakata berkaitan lingkungan geografis sekolah.
(mengkomunikasikan)(share)
5.
Siswa mengamati teks mengenai cerita tentang denah sekolah Siti pada
layar lcd mengenai denah sekolah (mengamati)(think)
6.
Siswa membaca nyaring mengenai teks cerita pada layar lcd mengenai
denah sekolah Siti dengan tanda baca (., ? !)yang jelas. (mengkomunikasikan)(share)
7.
Siswa menyimak penjelasan guru mengenai cara membaca denah lokasi menggunakan
pengetahuan tetntang arah mata angin. (mengumpulkan informasi) (think)
8.
Siswa mengamati gambar teks tentang uang saku Siti (mengamati)(think)
9.
Siswa membaca nyaring mengenai teks bacaan uang saku Siti (mengkomunikasikan)(share)
10.
Siswa mengamati nilai sekelompok pecahan uang.
(mengamati)(think)
11.
Siswa mengamati tayangan pada LCD mengenai gambar uang logam dan uang
kertas. (mengamati)(think)
12.
Siswa menanya mengenai gambar tayangan tentang uang logam dan uang
kertas. (mengkomunikasikan)(share)
13.
Siswa menghitung nilai sekelompok pecahan uang menggunakan peraga mata
uang logam dan uang kertas. (mencoba) (pair).
14.
Siswa dengan kelompok teman sebangku memperagakan kesetaraan nilai
pecahan uang menggunakan alat peraga mainan uang. (mencoba) (pair)
15.
Siswa mengerjakan soal latihan dengan menjodohkan pecahan uang dengan
nilai yang setara (mencoba) (pair)
16.
Siswa menyimak cerita yang di bacakan guru mengenai kegemaran Siti
makan bakso.
17.
Siswa menyanyikan lagu “abang tukang bakso” (mencoba) (pair)
18.
Siswa mengamati gerakan guru mengenai gerak tari yang di iringi “abang
tukang bakso”
19.
Siswa bernyanyi serta meragakangerakan sesuai lagu (mencoba) (pair)
20.
Siswa mengerjakan LKPD menggambar denah sekolah (mencoba) (pair)
21.
Siswa mempresentasikan hasil LKPD (mencoba) (pair)
|
120
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1.
Guru
bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
2.
Guru
dan siswa melakukan refleksi
3.
Siswa mengerjakan soal uji kompetensi (mencoba)
4.
Guru
memberikan pengayaan dan remedial
5.
Guru menyampaikan tindak lanjut untuk pembelajaran selanjutnya
mengenai pembelajaran 2
6.
Guru
bersama siswa menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa
7.
Guru
menutup kegiatan pembelajaran dengan salam
|
40
Menit
|
I.
Penilaian
a.
Teknik Penilaian yang dilakukan
guru yaitu
1)
Teknik
Tes
Pengetahuan : Bahasa Indonesia, Matematika,
SBdP
2)
Teknik
Non tes
Ketrampilan
1.
Unjuk kerja
Lembar kerja peserta didik (LKPD)
§ Bahasa
Indonesia
§
Matematika
b.
Jenis Penilaian : tes
tertulis, penilaian sikap, unjuk kerja
c.
Bentuk penilaian : Pilihan ganda, isian, menjodohkan
d.
Instrumen Penilaian
Tes : Soal (Pilihan ganda, isian)
NonTes : Lembar pengamatan/ rubrik
e.
Pembelajaran remidial dan
pengayaan
1.
Remidial : bagi siswa yang masih belum tuntas
pada materi yang diajarkan dengan memberikan tambahan jam untuk pemahaman
materi.
2.
Pengayaan : Bagi siswa yang sudah tuntas diberi
soal tambahan.
Semarang, Maret 2018
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
…………………………
NIP.
|
Guru
Kelas
...........................
|
No comments:
Post a Comment