RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD
Kelas/Semester : 2/ 1
Tema/ Subtema : Tema 3. Tugasku Sehari - hari /2.
Tugasku sehari – hari di sekolah
Pembelajaran : 5
Alokasi
Waktu : 5 x 35 menit (1x
pertemuan)
A.
Kompetensi Inti (KI)
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
PPKn
3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik
individu di sekolah.
4.3 Mengelompokkan jenis-jenis keberagaman karakteristik
individu di sekolah.
|
.
3.3.1Mengemukakan perbedaan warna kegemaran,
makanan kegemaran, dan hobi di sekolah
4.3.1Mengelompokkan perbedaan warna
kegemaran, makanan kegemaran, dan
hobi di sekolah |
Bahasa
Indonesia
3.3Menentukan kosa kata dan konsep tentang
lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan
sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan,
visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.3Melaporkan
penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil
pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya
di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
|
3.3.1 Menyebutkan
Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan
ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam Bahasa Indonesia atau
Bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi
lingkungan.
4.3.1 Menceritakan penggunaan kosakata bahasa
Indonesia yang tepat atau Bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan
geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam
bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
|
PJOK
3.3 Memahami variasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan
konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional.
4.3 Mempraktikkan variasi gerak dasar manipulatif sesuai
dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
|
3.3.1 Menyebutkan gerakan menendang,
menggiring, dan menangkap bola.
4.3.1Mendemonstrasikan gerakan menendang, menggiring, dan menangkap bola
|
C.
Tujuan
Pembelajaran:
3.3.1.1 Melalui gambar tentang
kegiatan menendang dan menggiring bola siswa dapat
Menyebutkan gerakan menendang, menggiring dan
menangkap bola dengan tepat..
4.3.1.1 Melalui video tentang kegiatan menendang dan
menggiring bola siswa dapat
mendemonstrasikan
gerakan menendang, menggiring, dan menangkap bola dengan benar.
3.3.1.1 Melalui gambar tentang kegiatan berolahraga
sepak bola siswa dapat menyebutkan kosa
kata tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi,
sosial, dan budaya di lingkungan sekitar
dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual
dan/atau eksplorasi lingkungan dengan benar.
4.3.1.1 Melalui urutan gambar – gambar tentang
kegiatan berolahraga sepak bola siswa dapat
Menceritakan dengan kosakata bahasa Indonesia yang
tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan geografis,
kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk teks
tulis, lisan, dan visual.
3.3.1.1 Melalui teks mengenai kegemaran Tono bermain
sepak bola siswa dapat Mengemukakan
perbedaan warna kegemaran, makanan
kegemaran, dan hobi di sekolah.
4.3.1.1 Melalui diskusi kelompok mengenai tugas
menanya kegemaran teman siswa dapat
mengelompokkan perbedaan warna kegemaran,
makanan kegemaran, dan hobi di sekolah.
D. Materi
Pembelajaran
1. PPKn : mengelompokkan
jenis – jenis kegemaran teman
2. Bahasa Indonesia : menyebutkan kosa kata melalui teks bacaan
3.
PJOK : teknik permainan
sepakbola
E. Metode,
Model dan Pendekatan Pembelajaran
Metode : Diskusi, ceramah
bervariasi,
tanya jawab, penugasan , praktik
Model : Cooperative Learning
Pendekatan : Scientific
F. MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
1.
Media : Gambar slide teks bacaan.,Gambar slide teknik sepak bola
2.
Video
pembelajaran tentang teknik sepakbola
3.
Alat : Buku siswa
SD kelas 1, Buku Guru SD kelas 1, Bahan ajar,
buku paket bse sd,
laptop, LCD
G. DAFTAR PUSTAKA
·
Purnomosidi,.dkk
2017. Buku Guru
SD/MI Tematik Terpadu Kelas2 Kurikulum 2013 Tema
Tugasku sehari -hari, Jakarta : Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan
·
Purnomosidi,dkk.
2017. Buku Siswa
SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas2 Tugasku sehari - hari, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan
·
Sumber internet yang
relevan
H. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Pra
Kegiatan
1.
Guru
mengkondisikan kelas.
2.
Guru
membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan menanyakan kabar siswa
3.
Salah
satu siswa diminta memimpin berdoa sebelum memulai pembelajaran
4.
Guru
melakukan presensi kehadiran siswa
5.
Guru
menyiapkan sumber dan media pembelajaran
Kegiatan
Awal
1.
Apersepsi:
“Siswa
mengamati gambar anak yang melakukan pemanasan sebelum ber olahraga
2.
Guru menyampaikan tujuan pembelajan
3.
Memotivasi siswa dengan yel – yel “semangat pagi”
|
15
Menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Siswa mengamati gambar “menendang dan menggiring
bola” yang ditampilkan guru pada lcd (mengamati)
2.
Siswa
menanya berkaitan dengan gambar. (menanya):
·
Siswa mengamativideo “menendang dan menggiring bola”
yang ditampilkan guru pada lcd (mengamati)
·
Siswa
menanya gambar yang ditampilkan
·
Gerakan
apa yang dilakukan?
·
Dapatkah
kamu melakukan gerakan tersebut?
3.
Siswa
menyebutkan gerakan – gerakan menendang dan menggiring bola
(mencoba)
4.
Siswa
memperhatikan penjelasan guru mengenai teknik “menendang dan menggiring bola”
yang benar
5.
Siswa melakukan kegiatan pemanasan (mencoba)
6.
Siswa
mempraktikkan gerakan menendang, menangkap, dan menggiring bola (mencoba)
7.
Siswa
mengamati gambar yang ditampilkan guru tentang kegiatan sepak bola (mengamati)
8.
Siswa menanya berkaitan dengan urutan gambar yang
ditampilkan
9.
Siswa mendeskripsikan gambar dengan menggunakan
kalimat sederhana (menalar,mengkomunikasikan)
10.
Siswa
dengan bimbingan guru menyusun sebuah cerita sederhana berdasarkan gambar
kegiatan olahraga (menalar, mencoba)
11.
Siswa
dikelompokkan menjadi beberapa kelompok (satu kelompok berisi 2 anggota)
12.
Setiap
kelompok diminta untuk mencari
informasi mengenai warna, kesukaan teman-temannya (mengkomunikasikan)
13.
Siswa
berkelompok diminta untuk mencari
informasi mengenai makanan kesukaan teman-temannya (mengkomunikasikan)
14.
Siswa
berkelompok diminta untuk mencari
informasi mengenai hobi teman-temannya (mengkomunikasikan)(mencari
informsi)
15.
Siswa
mendiskusikan hasil pengamatan dan wawancara yang dilakukan kepada temannya (menalar,
mengkomunikasikan) mencari informsi)
16.
Siswa
menyampaikan hasil wawancara yang dilakukan dengan temannya (mengkomunikasikan)
17.
Siswa
berdiskusi dengan guru mengenai sikap yang cocok terhadap teman yang berbeda
warna kesukaan, makanan kesukaan, dan hobi(mengkomunikasikan)
18.
Siswa menyimak penjelasan guru mengenai sikap
saling menghormati dan menghindari sikap menyakiti teman (mengamati)
19.
Siswa
mengerjakan LKPD (mencoba)
20.
Siswa
mempresentasikan hasil LKPD (mencoba) (mengkomunikasikan)
|
120
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1.
Guru
bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
2.
Guru
dan siswa melakukan refleksi
3.
Siswa mengerjakan soal uji kompetensi (mencoba)
4.
Guru
memberikan pengayaan dan remedial
5.
Guru menyampaikan tindak lanjut untuk pembelajaran selanjutnya
mengenai pembelajaran 3
6.
Guru
bersama siswa menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa
7.
Guru
menutup kegiatan pembelajaran dengan salam
|
40
Menit
|
I.
Penilaian
a.
Teknik Penilaian yang dilakukan
guru yaitu
Teknik
Tes
1)
Pengetahuan :
Teknik
tes
PPKn, Bahasa Indonesia, PJOK
2)
Ketrampilan :
Unjuk kerja
Lembar kerja peserta didik (LKPD)
Bahasa Indonesia
b.
Jenis Penilaian : tes
tertulis, penilaian sikap, unjuk kerja
c.
Bentuk penilaian : Pilihan ganda, isian, menjodohkan
d.
Instrumen Penilaian
Tes : Soal (Pilihan ganda, isian)
NonTes : Lembar pengamatan/ rubrik
e.
Pembelajaran remidial dan
pengayaan
1.
Remidial : bagi siswa yang masih belum tuntas
pada materi yang diajarkan dengan memberikan tambahan jam untuk pemahaman
materi.
2.
Pengayaan : Bagi siswa yang sudah tuntas diberi
soal tambahan.
Semarang, Maret 2018
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
…………………………
NIP.
|
Guru
Kelas
................................
|
No comments:
Post a Comment