KURIKULUM 2013: RPP kelas 2 tema 3.Tugasku Sehari - hari Sub Tema : 2. Tugasku Sehari – hari di Sekolah pembelajaran 3

Wednesday, 9 May 2018

RPP kelas 2 tema 3.Tugasku Sehari - hari Sub Tema : 2. Tugasku Sehari – hari di Sekolah pembelajaran 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan    :  SD
Kelas / semester         :  2 / I
Tema                          :  3.Tugasku Sehari - hari
Sub Tema                   :  2. Tugasku Sehari – hari di Sekolah
Pembelajaran            :  3
Alokasi waktu            :  1 Hari  (5JP x 35 menit)

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     KOMPETENSI DASAR
Kompetensi Dasar
Indikator
Bahasa Indonesia
3.3   Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan
4.3   Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual

3.3.1 Mengidentifikasi  isi teks berkaitan dengan kehidupan ekonomi di sekolah
4.3.1   Mengemukakan kosakata tentang kehidupan ekonomi di sekolah

Matematika
3.5      Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.
4.5      Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang


3.5.1   Menyebutkan nilai kelompok pecahan uang yang setara
4.5.1   Memasangkan nilai mata uang dengan sekelompok pecahan uang 1000-5000 yang setara

PKn
1.1         Menerima hubungan gambar, bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng dan padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.1    Bersikap bekerjasama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari
3.3      Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.
4.3      Mengelompokkan jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.


1.1.1        Melakukan kegiatan berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran sebagai penerapan sila pertama

2.1.1 Menunjukkan sikap kerja sama dan disiplin di sekolah
2.1.2 Melalui bimbingan dari guru, siswa dapat menunjukkan perilaku kerjasama dengan benar.

3.3.1  Mengidentifikasi karakteristik individu di sekolah

4.3.1   Mengelompokkan individu berdasarkan warna kesukaan di sekolah


C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
3.3.1.1   Melalui pengamatan gambar kegiatan menabung dan teks bacaan, siswa dapat mengidentifikasi isi teks berkaitan tentang kehidupan ekonomi di sekolah dengan baik
4.3.1.1      Melalui pengamatan video dan teks bacaan kegiatan menabung, siswa terampil mengemukakan kosakata tentang kehidupan ekonomi di sekolah dengan tepat
3.5.1.1      Melalui pengamatan gambar, siswa dapat menyebutkan nilai pecahan uang dengan tepat
4.5.1.1      Melalui pengamatan nilai uang, siswa terampil memasangkan nilai mata uang dengan sekelompok pecahan uang lainya yang setara dengan tepat
1.1.1.1            Siswa melakukan kegiatan berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran sebagai penerapan sila pertama sesuai kebiasaan yang dilakukan setiap hari
2.1.1.1            Melalui bimbingan dari guru, siswa dapat menunjukkan perilaku disiplin dengan  benar
2.1.1.2            Melalui bimbingan dari guru, siswa dapat menunjukkan perilaku kerjasama dengan benar.
3.3.1.1      Melalui media gambar tas, siswa dapat mengidentifikasi kesukaan warna masing-masing individu dengan cermat.
4.3.1.1      Dengan menggunakan tabel pengamatan, siswa mahir mengelompokkan individu berdasarkan warna kesukaan dengan tepat

D.    MATERI PEMBELAJARAN
1.      Teks kegiatan menabung
2.      Penyetaraan nilai mata uang
3.      Mengelompokan warna

E.     PENDEKATAN,MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model        : Cooperative learning tipe Problem Based Learning(PBL)
Pendekatan: Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/ eksperimen,
   mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan).
Metode      : diskusi, demonstrasi, percobaan, tanya jawab, penugasan, ceramah bervariasi


F.     MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
Media        :
a.       Video ayo menabung
b.      Power Point
c.       Uang tiruan
d.      Bagan pengelompokan warna
Alat:
a.       Laptop
b.      Lcd
c.       Spiker aktif
d.      Kertas
e.       Double tape
f.       Spidol
g.      pensil

G.    DAFTAR PUSTAKA
Nursya’ban,Muhammad dan Rusmawan.2008. Buku Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 3. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional (hal 56-63)

Purnomosidi,.dkk 2017.Buku Guru SD/MI Tematik Terpadu Kelas2 Kurikulum 2013 Tema Tugasku sehari -hari, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (hal 71-76)

Purnomosidi,dkk. 2017.Buku Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas2 Tugasku sehari - hari, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan


https://www.youtube.com/watch?v=dSENBwhpIEY diakses pada tanggal 13 Maret 2018 pukul 10:02

H.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi  Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam
2.      Salah satu siswa mempimpin berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing
3.      Guru melakukam presensi kehadiran siswa
4.      Guru mengondisikan siswa dengan permainan “kepala pundak lutut dan kaki"
5.      Guru melaksanakan apersepsi
a.        mengaitkan pembelajaran materi kemarin ke materi yang akan di pelajari
b.        menanyakan kepada siswa tentang kegiatan menabung yang pernah di lakukan
6.      Siswa menyimak penjelasan guru tentang tujuan dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
15  menit
Inti
Orientasi peserta didik kepada masalah
1.      Siswa mengamati gambar kegiatan menabung di sekolah (mengamati)
2.      Siswa menanyakan tentang teks gambar kegiatan menabung (menanya)
Mengorganisasikan peserta didik
3. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kerja. Tiap kelompok terdiri dari 3-5 orang
Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok
4.      Setiap kelompok mengidentifikasi isi teks kegiatan  menabung di sekolah (menalar)
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
5.      Siswa menyebutkan kosakata yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi di sekolah (mengomunikasikan)
6.      Siswa maju kedepan untuk menceritakan pengalamanya menabung (mengomunikasikan)
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
7.      Siswa mengamati video kegiatan menabung ( mengamati)
8.      Siswa menanya tentang video yang ditampilkan guru (menanya)
9.      Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang cara menggunakan uang dengan baik (mengamati)
Orientasi peserta didik kepada masalah
10.  Siswa mengamati uang mainan yang di tampilkan guru(mengamati, menalar)
11.  Siswa menyebutkan nilai pecahan uang yang di tampilan oleh guru (mencoba)
 Mengorganisasikan peserta didik
12.   Siswa kembali memberntuk kelompok
Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok
13.  Setiap kelompok mengamati uang yang di tunjukan oleh guru ( mengamati)
14.  Siswa mendiskusikan nilai pecahan yang setara dengan uang yang ditunjukan oleh guru (mencoba)
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
15.  Salah satu perwakilan kelompok menunjukan nilai pecahan yang setara dengan yang ditunjukan oleh guru (mengomunikasikan)
16.  Siswa menanya nilai sekelompok pecahan uang yang setara (menanya)
17.  Siswa mengerjakan LKPD 1 tentang memasangkan pecahan uang dengan nilai yang setara (mencoba)
Menganalisis dan Evaluasi Proses Pemecahan Masalah
18.  Siswa mendengarkan penguatan dari guru tentang materi yang telah diajarkan
19.  Siswa bercerita tentang hasil tabunganya (mengomunikasikan)
       Orientasi peserta didik kepada masalah
20.  Siswa mendengarkan cerita tentang hasil tabungan siti yang akan membeli tas ( mengamati)
21.  Siswa mengamati gambar tas beserta warnanya(mengamati)
22.  Siswa memilih warna sesuai dengan keinginanaya (mencoba, ,mengomunikasikan)
Mengorganisasikan peserta didik
23.  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang apa yang akan dilakukan
Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok
24.  Siswa mencari informasi  kesukaan warna masing-masing individu (menanya,)
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
25.  Siswa membentuk kelompok sesuai dengan warna kesukaan
26.  Siswa membuat bagan mengelompokan warna di lembar LKPD  2  yang di sediakan (mencoba)
27.  Perwakilan kelompok maju untuk memperlihatkan bagan pengelompokan warna (mengomunikasikan)
Menganalisis dan Evaluasi Proses Pemecahan Masalah
28.  Siswa mendengarkan penguatan dari guru tentang materi yang telah diajarkan ( mengamati)
29.  Setelah selesai, Siswa diminta untuk kembali ke bangku masing – masing
130nit

130 menit
Penutup
1.       Guru melakukan review atau pengulangan inti pembelajaran
~ Materi apa saja yang telah dipahami?
~ Materi apa saja yang belum dipahami?
~ Adakah hal-hal yang ingin diketahui oleh siswa lebih lanjut?
~ Bagaimana perasaan selama pembelajaran berlangsung?
2.       Siswa mengerjakan uji kompetensi
3.       Merencanakan pembelajaran berikutnya
4.       Mengingatkan siswa untuk hidup hemat dan belajar menabung
5.       Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.
30 menit

1.      PENILAIAN
a.      Teknik Penilaian
1)      Tes
Pengetahuan Bahasa Indonesia, Matematika dan PPKn
2)      Nontes
2.1  Penilaian sikap
a)      Spiritual        : bersyukur
b)      Sosial            :  kerjasama dan disiplin
2.2  Penilaian keterampilan
a)      Bahasa Indonesia    :  mengemukakan kosakata berkaitan dengan 
    kegiatan ekonomi disekolah
b)       Matematika            : memasangkan nilai pecahan yang setara
c)       PPKn                     : mengelompokan individu berdasarkan
  kesukaan warna
b.      Jenis Penilaian
Tes            : Tertulis (terlampir)
Non tes     : Pengamatan dan unjuk kerja (terlampir)
c.       Bentuk Penilaian
Tes            : pilihan ganda ( terlampir)
Non tes     : rubrik (terlampir)
Semarang, …Maret   2018
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                          Guru Kelas
                                                                                                           


……………………..                                                                        ............................................

No comments:

Post a Comment